Wahyuni, Wahyuni (2023) PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI SEGI GENDER SMP NEGERI 4 DUA PITUE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.014.pdf] Text
19.1600.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu bagian utama dalam pembelajaran matematika. Siswa masih menganggap bahwa pemecahan masalah matematika itu tidak mudah. Subjek penelitian terdiri dari 6 subjek berdasarkan kategori kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari segi gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki siswa perempuan lebih teliti dan lebih lengkap dalam menuliskan langkah pemecahan masalah dibanding dengan siswa laki-laki. Faktor penyebab kesulitan siswa menerapkan langkah polya yaitu karena siswa tidak dapat mengindentifikasi unsur yang diketahui dan ditanyakan, siswa tidak mengetahui rumus apa yang digunakan untuk menjawab soal, siswa tidak dapat merinci langkah penyelesaian yang harus digunakan, bingung mengerjakan dan ragu dengan hasilnya, dan siswa tidak terbiasa memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh karena merasa jawabannya sudah benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Perbedaan Gender
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:49
Last Modified: 03 Nov 2023 03:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item View Item