Nurfadilla, Nurfadilla (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 2 PATAMPANUA. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.019.docx] Text
18.1600.019.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Model flipped classroom memudahkan peserta didik untuk mengulang dan mempelajari kembali materi yang telah di ajarkan di rumah, di sekolah, dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan media ajar elektronik seperti google classroom tanpa harus menunggu bimbingan dari pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model flipped classroom berbantuan google classroom dan pengaruh penggunaan model flipped classroom berbantuan google classroom terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasy experiment design) yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Patampanua. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan tes (pre-test dan post-test) untuk membedakan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model flipped classroom berbantuan google classroom telah terlaksana dan berada dalam kategori sangat baik di kelas VII.1 dan model pembelajaran langsung telah terlaksana dan berada dalam kategori baik di kelas VII.3 (2) Berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 84,46, dan rata-rata post-test kelas kontrol 74,29, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih 10,17 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Flipped Classroom, Google Classroom, Hasil Belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:34
Last Modified: 03 Nov 2023 03:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5530

Actions (login required)

View Item View Item