Nurfaika, Nurfaika (2023) INTERNALISASI KONSEP MATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL BUGIS. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1600.017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika masih terdapat peserta didik yang kurang dalam pemahaman konsep dikarenakan materi yang disediakan dalam buku kurang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Kebudayaan masyarakat setempat dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika bagi peserta didik agar pembelajaran jadi lebih bermakna. Pembelajaran yang mengaitkan budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika dan menjelaskan proses internalisasi konsep matematika yang terdapat pada makanan tradisional Bugis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh beberapa makanan tradisional Bugis yaitu beppoto’, doko’-doko’, jompo’-jompo’ dan lemo gempa. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat konsep matematika pada makanan tradisional Bugis tersebut yaitu geometri bangun ruang diantaranya limas segiempat dan bola, geometri bidang datar diantaranya persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Sedangkan dari bahan yang digunakan didapat konsep perbandingan dan program linear. Proses internalisasi yang dilakukan berupa aktivitas pada pembuatan hingga menghasilkan bentuk geometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Internalisasi, Makanan Tradisional Bugis |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:18 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5529 |
Actions (login required)
View Item |