Feronika, Elma Mei (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAREPARE DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.007.pdf] Text
18.1600.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Jenis kesulitan apa sajakah yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras ditinjau adversity quotient pada siswa SMP Negeri 3 Parepare, (2) Kategori kesulitan siswa ditinjau dari adversity quotient dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras pada siswa SMP Negeri 3 Parepare. Jenis penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed method) dengan menggunakan desain The explanatory sequential design. Adapun sumber data diperoleh dengan pemberian angket, tes soal dan wawancara. Setelah pemberian angket maka peneliti memilih subjek untuk diberikan tes soal dan dilanjutkan dengan wawancara. Keterwakilan mahasiswa dalam setiap permasalahan yang dialaminya dijadikan sebagai kriteria pemilihan subjek penelitian. kesulitan dalam menyelesaikan soal berdasarkan kategori adversity quotient. Teknik analisis data yang digunakan yakni data kuantitatif yaitu statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan keesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 3 jenis kategori adversity quotient siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras diantaranya kategori climbers, campers dan quitters. Siswa yang masuk kategori climbers 24%, siswa yang dengan kateogri campers adalah 60% dan siswa dengan kategori quitters dengan persentasi 16%, (2) Kategori climber, camper dan quitter melakukan 3 jenis kesulitan yakni kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan menerapkan prinsip dan kesulitan menyelesaikan soal verbal (skill).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Soal Teorema Pythagoras, Adversity Quotient
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:06
Last Modified: 03 Nov 2023 02:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item