Syam, Besse Nur Islamiyah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.006.pdf] Text
18.1600.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karena melalui pemahaman konsep peserta didik dapat mengorganisasi dan mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Sungguhan (True experiment design) yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan tes (pre-test dan post-test) untuk membedakan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching telah terlaksana dan berada dalam kategori sangat baik di kelas VIII.1 dan model pembelajaran langsung telah terlaksana dan berada dalam kategori baik di kelas VIII.2 (2) Berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 87,67, dan rata-rata post-test kelas kontrol 73,55, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih 14,12 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Quamtum Teaching, Kemampuan Pemahaman, Pembelajaran Langsung.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:58
Last Modified: 03 Nov 2023 01:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item