Hasni, Hasni (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI HIMPUNAN PADA KELAS VII SMPN 2 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.055.pdf] Text
17.1600.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami peserta didik dalam memahami materi himpunan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi himpunan serta meminimalkan kesulitasn siswa dalam memahami materi himpunan. Jenis penelitian ini tergolong gabungan (max mhetod), dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), tes, dan dokumentasi kemudian menganalisis data dengan menggunakan Rasch model dengan bantuan soffware winsteps. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Dalam memahami materi himpunan terdapat beberapa jenis kesulitan yang ditemui oleh peneliti diantaranya, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memecahkan masalah, kesulitan dalam keterampilan menghitung, 2) adapun faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi himpunan adalah adanya faktor internal dan faktor eksternal, yang mana faktor internal meliputi:sikap dalam belajar, motivasi belajar, kesehatan tubuh, faktor eksternal meliputi: variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, lingungan keluarga, 3) upaya untuk meminimalkan kesulitan siswa dalam memahami materi himpunan ialah dengan memperbanyak berikan contoh soal yang berkaitan dengan materi himpunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan, materi himpunan, Rasch model
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:24
Last Modified: 03 Nov 2023 01:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item