Winaldi, Winaldi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI SMAN 5 SOPPENG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.1600.005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika saat ini masih menjadi momok bagi sebagian besar peserta didik di berbagai jenjang pendidikan formal. Oleh karena itu pendidik dituntut untuk kreatif dalam menjalankan tugasnya sebagai transfer of knowledge, agar suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan terkhususnya saat belajar matematika. Dengan berkembangnya IPTEK saat ini maka berbagai pilihan metode dan alat penunjang yang dapat dipakai saat melakukan proses belajar mengajar contohnya dengan penggunaan media Articulate Storyline yang penggunaannya belum terlalu banyak diketahui. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Articulate Storyline terhadap hasil dan minat peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, serta tes. Setelah melakukan pengumpulan data, maka data tersebut dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dan dan uji hipotesis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian dikemukakan bahwa (1) penggunaan media Articulate Storyline dalam pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. (2) adanya pengaruh yang lebih baik atau peningkatan terhadap hasil dan minat belajar peserta didik yang menggunakan media Articulate Storyline dibanding menggunakan pembelajaran konvensional, (3) adanya pengaruh penggunaan media Articulate Storyline terhadap hasil dan minat belajar peserta didik yang dibuktikan dengan uji MANOVA dengan nilai signifikansi 0,00 yang berada dibawah nilai 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 01:05 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 01:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5515 |
Actions (login required)
View Item |