Ilham N, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WAJO. Other thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1100.101.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhammad Ilham N. Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Negeri Wajo (dibimbing oleh bapak Usman dan bapak Rustan Efendy). Pada hakikatnya pendidikan bertujuan untuk menjadikan manusia menjadi transitif, yaitu suatu kemampuan merespon masalah-masalah yang terjadi dilingkungan serta kemampuan berhubungan dengan dunia serta yang ada didalamnya. Dengan adanya pengetahuan manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dengan pengetahuan pula manusia dapat meminimalisir masalah yang ada dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang Implementasi model Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Negeri Wajo, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Negeri Wajo, Serta untuk mentehaui upaya yang dilakukan untuk mengembangkan potensi peserta didik pada pembelajaran model Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Negeri Wajo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriktif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: Penerapan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Negeri Wajo sudah berjalan dengan lancar. Dalam proses pembelajaran model CTL menggunakan beberapa komponen seperti konstruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assessment). Adapun faktor pendukung model CTL ini meliputi kemampuan guru, siswa serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi minimnya waktu, kemampuan siswa yang berbeda-beda serta sulitnya menghadirkan tokoh untuk dijadikan model. Upaya mengatasi faktor penghambat dalam penerapan model Contextual Teaching and Learning diantaranya seperti memberikan motivasi dan perhatian lebih kepada peserta didik yang kurang aktif, menambah waktu pembelajaran, serta kreatif menciptakan pemodelan atau contoh pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Fiqhi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:19 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5491 |
Actions (login required)
View Item |