Rinaldi, Rinaldi (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI KELAS VIII UPT SMPN 3 PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.071.pdf] Text
18.1100.071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Metode pembelajaran Mind Map merupakan suatu metode yang dalam pelaknaannya menggunakaan model penulisan atau gambar yang mirip dengan peta dalam sebuah kota. Pengguanaan metode pembelajaran Mind Map diawali dengan sebuah tulisan atau istilah-istilah yang pendek di kertas atau papan tulis pada pokok pembahasan dan menghubungkannya ke bagian sub-sub pembahasan. Mind Map bisa juga disebut sebagai rute untuk melihat segala hal menjadi lebih terinci dan saling terhubung. Dengan penggunaan metode pembelajaran Mind Map akan membuat peserta didik lebih memahami pembelajaran secara menyeluruh. Hal tersebut dikarenakan adanya variasi gambar, simbol dan bentuk yang saling dihubungkan sehingga dapat memudahkan dalam proses pemahaman. Penelitian ini menggunkan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dan dalam mengumpulkan data pendekatan yang digunakan adalah deskipsi kualitatif. Adapun teknik analis data yang digunakan yaitu analisis kulaitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan data yang bersifat numerik dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas VIII.3 UPT SMPN 3 Pinrang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum tindakan dilakukan hanya berkisar 28% (2) Implementasi metode pembelajaran Mind Map dilakukan dengan dua siklus dengan menggunakan langkah-langkah Mind Map dan memperoleh hasil yang meningkat. (3) penerapan metode pembelajaran Mind Map memberikan peningkatan berpikir yang sangat baik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dilihat dari perbandingan hasil tes antara pra siklus 28%, siklus I 31% dan siklus II 59%. Artinya penggunaan metode pembelajaran Mind Map menjadi sebuah rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada kelas VIII UPT SMPN 3 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Map, PAI, Kemampuan Berpikir
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:29
Last Modified: 01 Nov 2023 06:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item