Satriani, Satriani (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 186 LEMBANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.066.pdf] Text
18.1100.066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar dengan menggunakan bantuan berupa alat peraga untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam penggunaannya peserta didik juga dapat terlibat langsung atau mempraktekkan materi yang disampaikan oleh guru. Namun, tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan metode ini, hanya pada materi tertentu saja misalnya seperti materi sholat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji intensitas pengaruh metode demonstrasi dan hasil bejalar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di SDN 186 Lembang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. populasi penelitian ini sebanyak 40 peserta didik dan sampel adalah keseluruhan populasi yaitu 40 peserta didik. Adapun analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriftif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) intensitas penggunaan metode demonstrasi di kelas V SDN 186 Lembang sebesar 67% atau kategori rendah. (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di SDN 186 Lembang adalah 93% dari kriterium yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di SDN 186 Lembang tergolong sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di SDN 186 Lembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:23
Last Modified: 01 Nov 2023 06:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item