Kurnia, Kurnia (2023) Penguatan Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Mts DDI Lombo’na Kab. Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.064.pdf] Text
18.1100.064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan modersi beragama dalam meningkatkan karakter peserta didik MTs DDI Lombo’na Kabupaten Majene. Penelitian ini mengambil data dari sekolah MTs DDI Lombo’na Kabupaten Majene, jenis penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research). Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder, setelah semua data terkumpul penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama terhadap peningkatan karakter peserta didik MTs DDI Lombo’na sangat baik, melihat dari hasil penelitian bahawa karekter yang diterapkan adalah karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang mana karakter yang diterapkan itu karakter religious, tolerang, jujur, tegas, kepekaan sosial, kritik dang mar membaca. Dengan adanya latar belakang sekolah tersebut bernuansa agama yang sudah sewajarnya nilai-nilai agama selalu dipelajari. Bukan hanya teori disampai tetapi peraktek juga diberlakukan. Sehingga peserta didik mampu memahami sekaligus menerapkan sebagai karakter yang ada dan ditanamkan pada dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama , Karakter Peseta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:21
Last Modified: 01 Nov 2023 06:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item