Fikran, Muh (2023) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DDI TAQWA LAKESSI KOTA PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1200.039.pdf] Text
19.1200.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kompetensi profesional guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru bahasa Arab di MTs DDI Taqwa Lakessi Kota Parepare? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta ddik di MTs DDI Taqwa Lakessi Kota Parepare? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs DDI Taqwa Lakessi Kota Parepare? Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 45 orang dari 30 populasi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi Profesional Guru diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.002 <α = 0.05 maka H0 ditolak artinya kompetensi profesional guru kategori tinggi yaitu 0.685 %. (2) Motivasi Belajar Peserta Didik diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.002 < α = 0.05 maka H0 ditolak artinya motivasi belajar kategori tinggi yaitu 65.1%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Taqwa Lakessi Kota Parepare, yang dibuktikan dengan nilai sig = 0.002<α = 0.05. Selain itu nilai R Square atau r2 = 0.364. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru bahasa Arab memberikan kontribusi dengan Motivasi Belajar Peserta Didik sebesar 36,4% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional, Guru, Motivasi Belajar, Peserta didik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:45
Last Modified: 01 Nov 2023 00:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item