Syafruddin, Lisa (2023) PENGARUH PENGUASAAN NAZ{M AL-‘IMRI>TI> TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB TA’LI>M AL-MUTA’ALLIM SANTRI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO KABUPATEN BARRU. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.1200.018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penguasaan Naz{m Al-‘imri>ti> sangatlah penting bagi santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning utamanya pada kitab Ta’li>m Al-Muta’allim, karena kitab Naz{m Al-‘Imri>ti> merupakan salah satu referensi dalam pembelajaran ‘ilmu nahwu yang didalamnya mencakup hukum-hukum kaidah tata bahasa Arab, khususnya dalam pemahaman ‘ilmu Nah{wu dan S{araf. Selain santri mampu menguasai juga diperlukan kemampuan untuk mengimplementasikan pengetahuan tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai penguasaan naz{m al-‘imri>ti> dan kemampuan membaca kitab ta’li>m al-muta’allim santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru dan sekaligus menganalisis penguasaan naz{m al-‘imri>ti> berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca kitab ta’li>m al-muta’allim santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha atau tidak. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional berdasarkan masalah yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini sebesar 173 santri dengan sampel 63 santri yang dipilih menggunakan teknik Probability Sampling menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda beserta uraian. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Teknik analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh suatu kesimpulan bahwa (1) penguasaan naz{m al-‘imri>ti> santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru berada pada kategori rendah (4485/7182 = 0,62 atau 62% dari kriterium yang ditetapkan). (2) Kemampuan membaca kitab ta’li>m al-muta’allim santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru berada pada kategori sangat rendah (3116.88/5.874,12 = 0,53 atau 53%. dari kriterium yang ditetapkan). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan naz{m al-‘imri>ti> terhadap kemampuan membaca kitab ta’li>m al-muta’allim santri Pendidikan Diniyah Formal Wustha Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru. Adapun tingkat hubungannya dapat dilihat melalui Correlation Coefficient yang sebesar 0,436. Jika dikaitkan dengan pedoman pemberian interpretasi, maka tingkat hubungan antara variabel X dan Y termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Naz{m Al-‘Imri>ti>, Kemampuan Membaca Kitab Ta’li<m Al-Muta’allim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5472 |
Actions (login required)
View Item |