Musriani, Musriani (2023) KORELASI HASIL EVALUASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (MTS DDI) LERO KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.041.pdf] Text
18.1200.041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Hasil evaluasi belajar menjadi salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaranya, hasil evaluasi belajar yang rendah tentunya akan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik pula, adanya saling keterkaitan keduanya menjadi focus studi penelitian ini, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi evaluasi belajar terhadap motivasi belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Lero Kabupaten Pinrang. Jenis peneltian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian lapangan metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengolahan data kuesioner dan hasil evaluasi belajar peserta didik. Adapun sampel penelitian sebanyak 74 orang dari total populasi di kelas IX sebanyak 102 peserta didik. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik slovin. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini hasil evaluasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas IX MTs DDI Lero berada dalam kategori tinggi dengan menunjukkan nilai rata-rata 77,46. Motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas IX MTs DDI Lero berada pada kategori tinggi dengan angka presentase sebesar 82,3%. Hasil Evaluasi belajar berkorelasi dengan motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas IX MTs DDI Lero dengan nilai F hitung yaitu sebesar 3.667.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Evaluasi Belajar, Motivasi Belajar, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:22
Last Modified: 31 Oct 2023 06:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5469

Actions (login required)

View Item View Item