Iksan, Muh (2022) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA ARAB DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MUHAMMADIYAH KAB.TANA TORAJA. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.039 .pdf] Text
18.1200.039 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab dan keaktifan belajar bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab. Tana Toraja. Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, yaitu (1) Bagaiamana kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab.Tana Toraja. (2) Bagaimana keaktifan belajar bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab.Tana Toraja. (3) Adakah hubungan yang signifikan antara Kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab dengan keaktifan belajar bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab.Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab dengan keaktifan belajar bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab. Tana Toraja. Kegiatan eksrakurikuler bahasa Arab merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam mata pelajaran formal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 44 santri dari 44 santri yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab. Tana Toraja, termasuk kategori tinggi yaitu 0.852 atau 85.2% dengan nilai sig = 0.000 < 0.05, maka H0 Ditolak. (2) Keaktifan Belajar Bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab. Tana Toraja, termasuk kategori tinggi yaitu 0,808 atau 80.8% dengan nilai sig = 0.000 < 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab dengan Keaktifan Belajar Bahasa Arab Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Kab. Tana Toraja. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar rhitung = 0.617 > 0.291 pada taraf signifikan 5%. dan berada di koefisien interval dari 0.60 – 0.799 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab dengan Keaktifan Belajar Bahasa Arab santri sebesar 38.0% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab, Keaktifan Belajar Bahasa Arab santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:16
Last Modified: 31 Oct 2023 06:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item