D, Darmah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (MTs DDI) LERO KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.030.pdf] Text
18.1200.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Terdapat beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan pendidik dalam hal ini guru. Model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan yaitu model pembelajaran kerja kelompok. Tingkat keberhasilan model pembelajaran yang digunakan dapat dilihat pada seberapa tinggi tingkat hasil belajar peserta didik. Hasil belajar secara umum di pengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menyebabkan capaian peserta didik di bawah batas nilai pada pembelajaran bahasa Arab. Jenis peneltian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian lapangan metode kuantitatif.. Teknik slovin digunakan sebagai teknik penentuan sampel. Sebanyak 74 dari 102 total populasi peserta dididi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah wal Irsyad (MTs DDI) Lero Kabupaten Pinrang. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Model pembelajaran kerja kelompok di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah wal Irsyad (MTs DDI) Lero Kabupaten Pinrang berada dalam kategori tinggi (aktif) (81,5% dari kriterium yang ditetapkan). (2) Hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah wal Irsyad (MTs DDI) Lero Kabupaten Pinrang berada pada kategori tinggi (85% dari kriterium yang ditetapkan) dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 85,51. (3) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran kerja kelompok terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah wal Irsyad (MTs DDI) Lero Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kerja Kelompok, Hasil Belajar, Bahasa Arab Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:57
Last Modified: 31 Oct 2023 05:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item View Item