Fitra, Najmalia (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAḤĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB LIBAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1200.009.pdf] Text
19.1200.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana perbandingan hasil belajar maḥārah al-kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran bahasa Arab LIBAM; (2) apa faktor penghambat dan pendukung hasil belajar maḥārah al-kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran bahasa Arab LIBAM; (3) bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab LIBAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab LIBAM terhadap peningkatan hasil belajar maharah al-kalam mahasiswa pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain penelitian seguental explanatory yang merupakan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Jenis penelitian kuantitatif digunakan penelitian ex-postfacto, dan jenis penelitian kualitatif digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 dan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perbandingan hasil belajar maharah al-kalam diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.857 ≥ 0.05 dan nilai T hitung 0,181 < T tabel 1,984 maka disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar maḥārah al-kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran bahasa Arab LIBAM; (2) faktor yang menghambat hasil belajar maḥārah al-kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang tidak mengikuti pembelajaran bahasa Arab LIBAM yaitu: kurangnya mufradat, kurangnya pemahaman nahwu dan saraf, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya pembiasaan diri, lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung yaitu: latar belakang pendidikan mahasiswa, kursus, belajar kelompok, menghafal mufradat dan ta’bir, latihan berbicara, belajar melalui handphone. Faktor yang mendukung hasil belajar maḥārah al-kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang mengikuti pembelajaran bahasa Arab LIBAM yaitu: penghafalan mufradat dan ta’bir, pembelajaran nahwu, lingkungan bahasa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu: minat dan motivasi, pendidik, waktu belajar; (3) pelaksanaan pembelajaran bahasa LIBAM terdiri dari beberapa unsur pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi, peserta didik dan pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Hasil Belajar Maḥārah Al-Kalām
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:55
Last Modified: 31 Oct 2023 05:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item