Nurasia, Nurasia (2023) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS XI MAS UHAIDAO KABUPATEN MAMASA. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1200.028.pdf] Text
18.1200.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penguasaan mufradat menjadi salah satu problematika yang dirasakan oleh peserta didik, isu permasalahan di kelas menunjukkan adanya kekurangan metode belajar yang inovatif sehingga membuat peserta didik tidak termotivasi dalam proses pembelajaran mereka, seperti dengan kondisi yang terjadi pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa, yakni rendahnya penguasaan mufradat peserta didik meskipun telah mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diajukan, yakni (1) bagaimana implementasi metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa, (2) apakah implementasi metode drill dapat meningkatkan penguasan mufradat siswa kelas XI Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan yakni teknik observasi, lembar tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menganalisis skor evaluasi serta teknik analisis kualitatif untuk merangkum serta menggambarkan hasil penelitian. Implementasi metode drill dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan jumlah 16 peserta didik dari kelas XI Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Uhaidao Kabupaten Mamasa dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu: (1) siklus I meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, (2) siklus II meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hal tersebut menunjukkan bahwa frekuensi evaluasi pada siklus I yaitu 12,5% peserta didik pada kategori sangat kurang dan 50% pada kategori kurang sedangkan 37,5% pada kategori baik, sedangkan kategori frekuensi pada evaluasi siklus II yaitu 56,25% sangat baik, dan 43,75% dengan kategori Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Drill, Penguasaan Mufradat, Madrasah Aliyah (MA)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:01
Last Modified: 31 Oct 2023 02:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item