Yunita, Rahma (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS YMPI RAPPANG KAB. SIDRAP. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.006.pdf] Text
18.1200.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik merupakan pembelajaran yang cukup sulit terutama dalam pengucapan dan pengimplementasiannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal berbicara menggunakan bahasa Arab. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1)Untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs YMPI Rappang sebelum diterapkan pendekatan komunikatif.(2)Untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik Kelas VIII MTs YMPI Rappang setelah diterapkan pendekatan komunikatif. (3)Untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan komunikatif efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs YMPI Rappang. Penelitian ini untuk memberikan upaya yang dilakukan agar peserta didik lebih nyaman dan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat berbicara menggunakan bahasa sasaran secara aktif, kreatif dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif Sementara jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah penelitian Pre-Experimental design (non design) dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, Perlakuan (treatment), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial Hasil penelitianyaituSetelah dilakukan perlakuan (treatment) kepada peserta didik menggunakan pendekatan komunikatif menghasilkan nilai rata-rata mencapai 93,14. Dimana sebelumnya pada pelaksanaan pre-test hanya mencapai nilai rata-rata 42,14.Pada uji paired sample test diperoleh bahwa nilai sig. 0,000. Dengan demikian nilai sig. 0,000 ≤ 0,005, sehingga hasil pre-test dan post-test mengalami perubahan yang signifikan.Sehingga H0 ditolak dan Haditerima, maka dapat dikatakan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dari pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif. peserta didik dapat menumbuhkan semangat dalam berpartisipasi aktif dalam belajar dan dapat berbicara menggunakan bahasa sasaran sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan komunikatif, Keterampilan Berbicara,Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:19
Last Modified: 31 Oct 2023 01:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item