Sasmi, Sasmi (2022) PROGRAM HAFALAN MUFRODAT SEBAGAI REINFORCEMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DDI UJUNG LARE KOTA PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 17.1200.056.pdf] Text
17.1200.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penguasaan Program Hafalan Mufrodat di lingkungan Pondok Pesantren ini bertujuan untuk mengetahui program hafalan mufrodat santri, merupakan sebuah pembelajaran yang berfungsi sebagai salah satu jalan keluar untuk mahir dalam berbahasa mengguanakan bahasa Arab, yang memiliki ciri khas pembelajaran di pondok pesantren yang memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningatkan kemahiran dalam berbahasa Arab dan belajar untuk tetap patuh dan menjalankan kewajiban sebagai santri yang dituntut untuk cerdas dalam berbahasa khususnya bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare adapun rumusan masalah dalam skripsi ini (1) Bagaimana Program Hafalan Mufrodat di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare?(2) Apa Kendala Dalam Program Hafalan Mufradat di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare? (3) Apa Solusi Dari Kendala Daalam Program Hafalan Mufradat di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare? Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian. Dengan adanya program hafalan mufrodat ini sangat menguntungkan berguna dan bermanfat bagi santri untuk menguatkan hafalan, metode yang digunakan adalah menghafal secara bersama-sama dan tak lepas dari motivasi, dukungan dan dorongan dari guru. Namun tenaga pendidik yang mengontrol masih kurang seharusnya pembelajaranya dapat lebih maksimal agar prestasi tetap menjulanng tinggi dengan adanya mufrodat ini melatih santri untuk konsisten dalam melaksanakanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Hafalan Mufradat, Reinforcement, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:02
Last Modified: 31 Oct 2023 01:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item View Item