Fikri Faizal, Muhammad (2023) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN BUKU BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM SISWA KELAS XII MAN 2 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 17.1200.049.pdf] Text
17.1200.049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penggunaan buku bahasa Arab siswa kelas XII MAN 2 Parepare. Untuk mengetahui Mendeskripsikan problematika penggunaan buku bahasa Arab dalam pembelajaran maharah al-kalam siswa kelas XII MAN 2 Parepare. Untuk mengetahui Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi problematika penggunaan buku bahasa Arab dalam peningkatan Maharah Al-Kalam siswa kelas XII MAN 2 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan kata lain penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan informasi yang telah diperoleh dilapangan dengan menggunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.sehingga mememperoleh info mengenai keadaan saat ini dan melihat kaitan antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan buku bahasa Arab siswa kelas XII MAN 2 Parepare bahwa buku yang digunakan oleh siswa yang ada di MAN 2 Parepare menggunakan buku yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini kementian agama, dan juga menggunakan buku sistem digital dan memberikan perasaan menarik dengan adanya fitur dan kemudahan akses melalui smartphone masing-masing siswa, (2) Problematika penggunaan buku bahasa Arab di MAN 2 Parerpare dalam pembelajaran Maharah Al-Kalam siswa kelas XII MAN 2 Parepare bahwa buku yang digunakan oleh siswa masih dirasa kurang, dikarenakan kurangnya terjemahan yang tersedia di buku. Hal ini dapat menghambat proses pembelajaran yang akan dilakukan sehingga kondisi buku yang berbentuk digital juga membuat minat siswa berkurang,(3) Upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi problematika yang terjadi pada siswa yang beda lulusan sekolahnya lebih kearah yang lebih aktif dan menggunakan pendekatan belajar yang menarik. Sehingga antusias belajar siswa lebih terpacu dan kesenjangan atau perbedaan siswa dari segi lulusan sekolah pesantren mampu dikondisikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku, Belajar, Siswa.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:51
Last Modified: 31 Oct 2023 00:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item