Iras, Iras (2023) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS TARBIYAH AL-AZHAR TIROANG KAB. PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text
17.1200.026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan minat belajar Bahasa Arab peserta didik, upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode Index Card Match peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas atau PTK. Pengetian Tindakan Kelas dalam bidang pendidikan, khususnya dalam praktik pembelajaran, penelitian tindakan berkembang menjadi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). PTK adalah penelitian Tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. PTK dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran Bahasa Arab terkait upaya guru Bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab peserta didik yaitu pertama-tama guru mengucapkan salam dilanjut dengan muqaddimah sekaligus mengarahkan ketua kelas untuk memimpin doa. Jadi prosesnyaitu umum yaitu di mulai dari tahapan pendahuluan, tahapan inti atau penyajian materi dan tahapan penutup;2) minat belajar Bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang yaitu a). Semangat guru dalam mengajar bahasa Arab; b). Tersedianya sumber belajar yang mendukung dan tersedianya sarana dan prasarana dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda; d). Tenaga pengajar bahasa Arab yang masih sangat minim; 3) Upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam Meningkatkan minat belajar Bahasa Arab peserta didik selalu menumbuhkan motivasi peserta didik agar tidak berputus asa dalam belajar bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 00:13 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 00:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5447 |
Actions (login required)
View Item |