Rusdi, Rusdi (2023) KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE TALAQQY DI SD HAFIZH AL-QURBAH PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text
19.1100.093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Banyak peserta didik yang belum mampu membaca al-Qur’an akan tetapi sudah mampu menghafal al-Qur’an dengan penggunaan metode talaqqy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan metode talaqqy, kemampuan menghafal al-Qur’an dengan metode talaqqy dan kendala dalam penerapa metode talaqqy di SD Hafizh Al-Qurbah Parepare. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi dan melakukan wawancara dengan guru di SD Hafizh Al-Qurbah Parepare. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa bentuk penerapan metode talaqqy di SD Hafizh Al-Qurbah Parepare adalah guru membacakan ayat berulang kemudian peserta didik menyimak lalu mengutinya. Peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang mampu dan tidak mampu mencapai target. Kendala yang dialami dalam penerapan metode talaqqy yaitu gangguan lingkungan sekitar, peserta didik terburu-buru, mudah bosan dan terdapat huruf yang sulit disebutkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menghafal Al-Qur’an, Metode Talaqqy, SD Hafizh Al-Qurbah Parepare. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:16 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:16 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5446 |
Actions (login required)
View Item |