Munawwarah, Munawwarah (2023) ANALISIS KESESUAIAN ANTARA RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS VII PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ITTIHADUL USRATI WAL-JAMA’AH DDI LERANG-LERANG KAB. PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1200.001.pdf] Text
17.1200.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu: (1). Bagaimana Rencana Pembelajaran Bahasa Arab dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang? (2). Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang (3). Bagaimana Kesesuaian Antara Antara Rencana Pembelajaran Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara rencana pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab. Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pendidik Bahasa Arab yang mengajar dikelas VII. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Rencana pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam penyusunan rencana pembelajaran pendidik berdasarkan kurikulum 2013 untuk dibuat guna sebagai penunjang dalam proses pembelajaran yang akan dilakukan dengan berbagai pemikiran yang rasional sehingga seluruh potensi peserta didik dapat dikembangkan secara optimal agar tercapai pelaksanaan pembelajaran, penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Arab. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik tidak menggunakan RPP pendidik hanya membuka pembelajaran, penyampaian materi ajar dan penutup. Kesesuaian antara rencana pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai berdasarkan RPP yang dibuat seperti penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan serta penyampaian garis besar cakupan materi, langkah pembelajaran dan penyampaian rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tidak disampaika karena waktu yang singkat serta terkendala oleh buku yang tidak bisa dibagikan kepada peserta didik untuk dibawa pulang ke asrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesesuaian Rencana Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Pelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:34
Last Modified: 30 Oct 2023 01:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item