Purnama, Sri (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK SMKN 4 MAJENE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 19.1100.058.pdf] Text
19.1100.058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyak peserta didik yang masih sulit untuk diarahkan dalam memahami literasi keagamaan. Terlebih kita baru saja beranjak dari fase pandemi COVID-19 yang melanda 3 tahun terakhir. mengakibatkan aktivitas sekolah terganggu dan berdampak pada menurunnya minat literasi peserta didik. Kegiatan membaca dan menulis merupakan bagian dari literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana literasi keagamaan peserta didik SMK N 4 Majene dan bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan literasi keagamaan pada peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan melakukan wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan peserta didik SMK Negeri 4 Majene. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pengembangan literasi keagamaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam kepada peserta didik SMKN 4 Majene sudah cukup baik, peserta didik lebih siap dan tenang dalam belajar, banyak peserta didik yang bacaan al-qur’annya mulai membaik walaupun masih ada diantara mereka yang bacaannya masih terbata-bata dan mampu dalam memecahkan beberapa masalah dalam persoalan keagamaan dikehidupan sehari-hari. Adapun upaya guru PAI dalam mengembangkan literasi keagamaan pada peserta didik SMK N 4 Majene yaitu mendorong peserta didik untuk banyak membaca bacaan-bacaan keagamaan, melakukan pendekatan-pedekatan khusus kepada peserta didik yang masih sulit untuk diarahkan dalam literasi keagamaan, memanfaatkan media sosial dan media pembelajaran, literasi dalam mata pelajaran projek penguatan profi; pelajar pancasila (P5), pesantren ramadhan, pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pemberian materi, dan memberian tugas literasi keagamaan diluar pembelajaran agar peserta didik tidak hanya melakukan literasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru pendidikan Agama Islam, Literasi keagamaan, peserta didik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:27
Last Modified: 30 Oct 2023 01:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item