Salmiah, Salmiah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS DDI MALGAWI CEMPA KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 16.1200.027.pdf] Text
16.1200.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hafalan mufradat di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang. Dengan mengangkat tiga rumusan masalah. 1) Bagaimana kemampuan hafalan mufradat peserta didik sebelum penerapan model make a match di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang. 2) Bagaimana kemampuan hafalan mufradat peserta didik setelah penerapan model make a match di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang. 3) Apakah penerapan model make a match berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hafalan mufradat peserta didik di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dan desain penelitian true experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang yang berjumlah 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak. Adapun instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Tes, Treatment, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum diajar dengan menggunakan model make a match sebesar 38.70 dan nilai rata-rata peserta didik setelah diajar dengan menggunakan menggunakan model make a match sebesar 79.60. Hasil penelitian dari pre-test dan post-test diuji dengan statistic inferensial, nilai signifikan <α (0,000 < 0, 05). Dengan taraf kepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa rata-rata nilai kemampuan hafalan mufradat sebelum penerapan model make a match tidak sama dengan rata-rata nilai kemampuan hafalan mufradat setelah penerapan model make a match. Dengan demikian, dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match efektif dan berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hafalan mufradat peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs DDI Malgawi Cempa Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Kemampuan Hafalan Mufradat
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:18
Last Modified: 30 Oct 2023 01:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5432

Actions (login required)

View Item View Item