Abdillah, Reza (2023) PENGARUH METODE PEER TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI KELAS XI SMA NEGERI 7 PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 19.1100.037.pdf] Text
19.1100.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan metode peer teaching terhadap peningkatan hasil belajara PAI peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang, mengetahui cara penerapan metode pembelajaran langsung terhadap peningkatan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang, mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara peserta didik yang menggunakan metode peer teaching dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Quasy Experimental dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis data dan analisis inferensial (pengujian hipotesis). Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang, ini dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05, 2). 2) penggunaan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang, ini dibuktikan berdasarkan angka Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05, 3). 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan metode peer teaching dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI peserta didik yang menggunakan metode peer teaching lebih tinggi daripada hasil belajar PAI peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsung, hal ini dapat dibuktikan melalui tabel Equal variances assumed di mana pada kolom bagia t-test for equality of means diperoleh harga t = 5,356 dengan df = 58 dan sig (2-tailed) = 0,000 ≤ α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Teaching, Hasil Belajar PAI.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:12
Last Modified: 30 Oct 2023 01:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item