Tunnisa, Maryam Karimah (2023) PENGARUH PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL QADRI KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text
18.1100.041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Keberhasilan dalam mewujudkan generasi yang berakhlak mulia sangat erat kaitannya terhadap perilaku peserta didik. Pada proses pembelajaran pendidik tidak hanya dituntut untuk meningkatkan aspek akademis, namun juga diharapkan agar mampu mengarahkan dan membentuk perilaku peserta didik. Untuk membentuk dan membiasakan perilaku positif maka dibutuhkan alat pendidikan yang mendukung terjadinya perilaku positif. Reward dan punishment merupakan alat pendidikan yang dapat diterapkan sebagai alat pembelajaran dalam rangka mengarahkan dan membentuk perilaku positif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan reward dan punishment terhadap perilaku peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Qadri Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data deskriptif, uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan reward di SDIT Al Qadri Kabupaten Pinrang berada pada kategori sedang yaitu 78% dari kriterium yang ditetapkan (2) penerapan punishment di SDIT Al Qadri Kabupaten Pinrang berada pada kategori tinggi yaitu 83% dari kriterium yang ditetapkan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan reward dan punishment terhadap perilaku peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Qadri Kabupaten Pinrang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan output SPSS diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,638 dan koefisien determinan sebesar 40,7% dan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reward, punishment, perilaku peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:14 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5422 |
Actions (login required)
View Item |