Mardiyanah, Mardiyanah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS 5 MI DDI PALANRO. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1100.039.pdf] Text
18.1100.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual dan peningkatan hasil belajar fiqih peserta didik di MI DDI Palanro serta menganalisis apakah penggunaan media visual berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar fiqih peserta didik kelas 5 MI DDI Palanro. Media visual ini terfokus pada media visual diam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 33 peserta didik dengan menggunakan kriteria pemilihan sampelnya juga sebanyak 33 peserta didik. Jumlah sampel yang telah ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling pada penelitian ini peneliti menggunakan total sampling yakni sampel yang digunakan adalah semua dari populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi yang ingin diteliti kurang dari 100 orang. Terdapat tiga teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi yang berfungsi sebagai penyusaian antara peneliti dengan keadaan dilapangan, angket sebagai alat pengumpulan data variabel media visual (X) dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel hasil belajar (Y). Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pengaruh penggunaan media visual terhadap peningkatan hasil belajar fiqih kelas 5 di MI DDI Palanro termasuk kategori (81% dari kriterium yang ditetapkan), hasil belajar fiqih peserta didik kelas 5 di MI DDI Palanro termasuk dalam kategori sangat tinggi (93% dari kriterium yang ditetapkan). Terdapat pengaruh antara media visual terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas 5 di MI DDI Palanro. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai r2 adalah 0,850 atau 85%, maka disimpulkan bahwa hasil belajar fiqih dipengaruhi sebesar 0,850% oleh media visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:04
Last Modified: 27 Oct 2023 07:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item