Asriani, Asriani (2023) Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.1100.116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Parepare. Mengkaji beberapa rumusan masalah pertama, bagaimana proses pembelajaran Fikih pada peserta didik di MAN 1 Parepare dan ada pun rumusan masalah yang kedua yaitu bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dalam Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Parepare. Adapun tujuan dari peneliti ini pertama untuk mengetahui proses proses pembelajaran Fiqih pada peserta didik di MAN 1 Parepare, dan tujuan kedua yaitu untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Partisipatif dalam Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari beberapa informan di MAN 1 Parepare melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk menguraikan permasalahan dan pengumpulan fakta serta menguraikan secara menyeluruh. Ada beberapa teori yang di cantumkan pertama Teori implementasi, kedua teori model pembelajaran pertisipatif, ketiga teori psikomotorik dan yang terakhir teori fiqih. Naman teori yang digunakan hanya teori model pembelajaran partisifatif dimana perencanaan atau pola sebagai pedoman dalam merencanakan pemebelajaran dikelas atau pembelajaran tutorial, model pembelajaran mengecu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk didalam tujuan- tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1). Proses pembelajaran fiqih di MAN 1 Parepare pertama-tama guru membuat rancana proses pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran lebih tertata, penyampaian materi lebih mudah, menentukan target dan tujuan pembelajaran dan melihat keberhasilan dari pesrta didik. Guru juga menggunakan beberapa metode saat proses pembelajaran: metode ceramah, metede diskusi, metode tebak gambar dan praktik. 2) Implementasi model pembelajaran partisipatif dalam pengembangan psikomotorik peserta didik di MAN 1 Parepare. Model pembelaran partisipatif merupakan model pembelajaran yang efektif mengikut sertakan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran dan model ini di terapkan di MAN 1 Parepare, untuk mengembangkan psikomotorik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran partisipatif, Fikih. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5414 |
Actions (login required)
View Item |