Tahir, Muh. Ansar (2023) Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 3 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.1100.107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan eksistensi, peran dan fungsi Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter pesertadidik kelasVI SD Negeri 3 Teteaji. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengolahan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, narasumber dalam peneltian ini yaitu Guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah SD Negeri 3 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Sidenreng Rappang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksistensi Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Teteaji yaitu penguatan karakter pada lingkungan formal dimana penguatan karakter secara terstruktur merujuk pada pendidikan karakter pada pengajaran pendidikan agam islam di kelas.dan kedudukannya dalam lingkup pendikan informal yaitu penguatan karakter pada aspek kehidupan keseharian peserta didik yang dibina melalui pembelajaran pendidikan agama islam dikelas.2) Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter peserta didik kelas yaitu fungsi penguatan watak dan karakter islami peserta didik dengan metode pengajaran menggunakan pendekatan makna dalam Al-Qur’an untuk bekal kepada peserta didik dalam hal ilmu duniawi dan ilmu akhiratnya dengan implementasi pembelajaran yang efektif. 3) Peran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter yaitu berperan sebagai penguatan karakter kepribadian yaitu sikap kepribadian jujur, sopan dan berakhlak baik dianggap sebagai aspek yang penting untuk dikembangkan sebagai bentuk peranan pembelajaran pendidikan agama islam peserta didik serta berperan sebagai penguatan nilai-nilai karakter diantaranya nilai gotong royong dan nasionalisme yang diajarkan dalam pendidikan agama islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Penguatan Karakter, Peserta Didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:12 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5413 |
Actions (login required)
View Item |