Suhria, Suhria (2022) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH IZZATUL MA’ARIF TAPPINA KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 16.1100.027.pdf] Text
16.1100.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan yang sebenarnya tentang Pola Komunikasi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Izzatul Ma’arif Tappina Kabupaten Polewali Mandar. Mengetahui dan mengkaji tentang pola komunikasi guru, serta upaya yang dilaksanakan oleh guru untuk mewujudkan generasi yang memiliki akhlak yang baik dan ketentraman jiwa yang diperoleh dari seorang guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisa induktif, artinya data yang diperoleh dilapangan secara umum kemudian mendeksripsikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: (1) Kesulitan belajar peserta didik Madrasah Aliyah Izzatul Ma’arif Tappina disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua peserta didik. Adapun bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik yang pernah terjadi di Madrasah Aliyah Izzatul Ma’arif Tappina yakni datang terlambat kesekolah, tertidur disaat pelaksanaan pembelajaran, kondisi kelas terlalu sempit, dan kurangnya fasilitas kenyamanan didalam kelas, pengaruh lingkungan dan pergaulan, penggunaan waktu belajar yang tidak efisisen, penggunaan metode dan strategi guru yang kurang tepat dalam menyajikan materi, keluarga yang kurang harmonis antara peserta didik dengan orang tua dan ekonomi keluarga, (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan pola komunikasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dapat disebabkan oleh faktor keluarga, lembaga pendidikan atau madrasah, dan lingkungan. (3) pola komunikasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sangat diharapkan dan dapat membantu peserta didik keluar dari masalah yang dihadapi saat proses pembelajaran berlangsung maupun diluar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Guru, Kesulitan Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:01
Last Modified: 27 Oct 2023 06:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item View Item