Nurlia, Nurlia (2021) KAJIAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 16.1100.065.pdf] Text
16.1100.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum memengang peran penting dalam pendidikan, agar mencapai tujuan pendidikan yang terdapat pada Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 3. Tujuan penelitian ini menganalisis kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah dan menganalisis relevansi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madarasah Aliyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, baik di perpustakaan maupun di tempat lain. Literatur yang dimaksud adalah meneliti buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan peneliti. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan psikologis dan Pendekatan Sosiologis. Sedangakan jenis data yang digunakan yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum 2013 relevansi dengan motivasi belajar khusnya pada mata pelajaran Fiqih yang mana terletak pada proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik untuk menerapkan Kompetensi Inti pada kurikulum PAI khususnya pada mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Motivasi, Fiqih.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:49
Last Modified: 27 Oct 2023 05:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item