Ismail, Ismail (2023) Penerapan Metode Problem solving untuk Meningkatkan Sikap Mental Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1100.065.pdf] Text
17.1100.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran PAI menjadi satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses peningkatan sikap mental peserta didik. Permasalahan yang dikaji ialah sikap mental peserta didik belum ditunjukkan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode Problem solving untuk Meningkatkan Sikap Mental Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 8 Parepare. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (Action research). Peneltiian ini dilakukan dengan dua siklus pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi/refleksi. Jumlah peserta didik adalah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode problem solving pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 8 Parepare merujuk pada pendekatan pembelajaran diskusi pemecahan masalah pada kurikulum dengan menggunakan dua siklus pembelajaran, penerapan pembelajaran metode problem solving efektif terhadap sikap mental dan keaktifan dengan pembagian kelompok membuat peserta didik secara aktif berkontribusi dalam proses pembelajaran. kedua, peningkatan sikap mental peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode problem solving kelas VII di SMP Negeri 8 Parepare menunjukkan hasil pengamatan sikap mental pada siklus pertama yaitu pada kategori cukup baik dengan presentasi 76,7% dan kurang baik 23,3%. Sedangkan hasil pengamatan pada siklus kedua kategori sangat baik 36,6%, kategori baik 40,1%, kategori cukup baik 23,3% dan kurang baik 0%. Sehingga penerapan pembelajaran metode problem solving efektif dalam peningkatan sikap mental peserta didik karena sikap mental peserta didik telah berada dikategori baik, ketiga, terdapat peningkatan yang signifikan dimana peningkatan sikap mental peserta didik menunjukkan pada kategori sangat baik dan baik dengan persentasi 36,6% dan 40,1% dengan jumlah 76,8 dan pada kategori cukup baik 23,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sikap mental peserta didik setelah penerapan metode problem solving di kelas VII di SMP Negeri 8 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem solving, Sikap Mental, PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:36
Last Modified: 27 Oct 2023 02:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

View Item View Item