Baharuddin, Ramlan (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MAN 1 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 16.1100.038.pdf] Text
16.1100.038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Online adalah pembelajaran yang menggunakan alat elektronik seperti computer, HP melalui jaringan internet. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan perilaku. Hasil belajar adalah suatu produk berupa pengetahuan, keterampilan dan perilaku pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara pembelajaran online (X) terhadap motivasi (Y1) dan hasil belajar (Y2) fiqih peserta didik kelas XI MAN 1 Parepare. Jenis penelitian asosiatif kuantitatif dan desain penelitian adalah ex-post facto . Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian sebanyak orang 46 dari 86 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil statistik, skor total variabel pembelajaran online adalah 1195, skor teoritik tertinggi variabel ini tiap responden adalah 8 x 4 = 32.. Karena jumlah responden 46 orang, maka skor kriterium adalah 32 x 46 = 1472. Sehingga (X) 1195: 1472 = 0,811 atau 81,1% dari kriteria yang ditetapkan jadi (X) termasuk kategori sangat baik.(2) Skor total variabel motivasi belajar (Y1) adalah 1363, skor teoritik tertinggi tiap responden adalah 9 x 4 = 36. Karena jumlah responden 46 orang, maka skor kriterium adalah 36 x 46 = 1656. Sehingga Y1 adalah 1363: 1656 = 0, 823 atau 82.3% jadi Y1 termasuk kategori sangat baik. (3) Skor total variabel hasil belajar peserta didik (Y2) adalah 3573. Skor kriterium adalah 100 x 46 = 4600, sehingga (Y2) adalah 3573 : 4600 = 0,776 atau 77,6 % dari kriterium yang ditetapkan, sehingga (Y2) termasuk kategori baik. (4) Berdasakan nilai koefisien korelasi sebesar 38,7% (Y1) dan 40,6% (Y2) maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh antara Pembelajaran Online Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih sebesar 38,7% (Y1) dan 40,6% (Y2) terdapat pada pengaruh yang kuat untuk variabel Y1 dan pengaruh yang sedang pada variabel Y2 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran online, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:28
Last Modified: 27 Oct 2023 02:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item