Adam, Sofia (2023) Implementasi Strategi Modelling The Way Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Kelas V Di SDN 6 Mojong Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1100.018.pdf] Text
17.1100.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ide-ide cemerlang. Pelaksanaan ini dilakukan karena kurangnya pemahaman peserta didik tentang Baca Tulis Al-Qur'an. Selain itu, model pembelajaran yang diterapkan belum efektif sehingga berdampak pada kurangnya minat, semangat dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa strategi MTW dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an kelas V di SDN 6 Mojong Sidrap. Variabel yang menjadi sasaran perubahan pada penelitian ini adalah kemampuan peserta didik dalam Baca Tulis Al-Qur’an, sedangkan variabel aktivitas yang digunakan adalah implementasi strategi MTW. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analisis observasi terhadap 14 peserta didik menunjukkan bahwa indikator kemampuan Baca Tulis Al-Quran di kelas V SDN 6 Mojong Sidrap berada pada kriteria kurang aktif dengan persentase sebesar 14,28%. 2) Berdasarkan siklus I implementasi strategi MTW untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di kelas V di SDN 6 Mojong Sidrap memenuhi kriteria cukup aktif dengan presentase 33,33%, sedangkan siklus II memenuhi kriteria sangat aktif dengan persentase 84,12% yang ditunjukkan dengan menganalisis hasil observasi 14 peserta didik. 3) Strategi MTW mempengaruhi kemampuan baca tulis Al-Qur'an kelas V SDN 6 Mojong Sidrap yang terbukti meningkatkan kemampuan peserta didik dalam baca tulis Al-Qur’an dari pra siklus 14,28%, siklus I 33,33%, dan siklus II 84,12%. Dalam artian kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Al-Qur'an berada pada kriteria sangat aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi strategi Modelling The Way (MTW), Baca Tulis Al-Qur’an.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:19
Last Modified: 27 Oct 2023 02:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item