Hasmawati, Hasmawati (2023) PERSEPSI MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PAI SEMESTER 5 TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI IAIN PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 16.1100.021.pdf] Text
16.1100.021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain merupakan bahasa Internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain, terlebih saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, salah satunya adalah mahasiswa program studi PAI yang juga diwajibkan untuk memprogramkan matakuliah tesebut. Salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran adalah ketika mahasiswa memiliki tanggapan yang tinggi terhadap pembelajaran tersebut. Maka dari itu, penelitian ini berfokus untuk mengumpulkan data tentang persepsi mahasiswa mengenai pengajaran bahasa Inggris di IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di IAIN Parepare. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengambil subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester lima. Analisis data dilakukan secara induktif yaitu penganalisaan data yang bertitik tolak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian disimpulkan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pengajaran bahasa inggris beragam. Sebagian mahasiswa menyadari pentingnya belajar bahasa inggris dalam meningkatkan kualitas komunikasi, kualitas pergaulan, perluasan wawasan dan peluang pekerjaan yang lebih besar. Dalam pelaksanaan pengajaran bahasa inggris di kelas PAI, beberapa mahasiswa menunjukkan persepsi negative. Sebagian mahasiswa merasa masih kurang dalam berbagai hal tekait pengajaran bahasa inggris diantaranya, media pengajaran yang tidak memadai dan kurang variatif, metode yang monoton dan materi tidak bersifat autentik dan terkesan sulit untuk dipahami, serta suasana pembelajaran yang tidak kondusif. Namun ada pula beberapa mahasiswa yang berpandangan positif terhadap metode, materi dan suasana pembelajaran bahasa inggris. Kesulitan dalam pembelajaran bahasa inggris juga dirasakan oleh mahasiswa terkait pemahaman bacaan, pengucapan dan kurangnya motivasi. Mahasiswa juga berpendapat bahwa bahasa inggris sangat memudahkan dalam mempelajari dan menambah referensi asing. Harapan mahasiswa terhadap pengajaran bahasa inggris adalah agar kedepannya lebih meningkatkan metode yang bervariasi dan materi yang bermakna serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Pengajaran Bahasa Inggris
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:16
Last Modified: 27 Oct 2023 02:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item