Sartika, Dewi (2022) Pemahaman Relasi Gender Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
16.1100.165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai pemahaman relasi gender, bagaimana pemahaman peserta didik terhadap relasi gender kelas XI di SMA Negeri 1 Pinrang dan bagaimana hak dan kewajiban peserta didik laki-laki dan perempuan kelas XI di SMA Negeri 1 Pinrang, sebagaimana sekolah merupakan tempat yang strategis untuk memberikan pemahaman relasi gender agar tidak terjadi penyimpangan dari salah satu gender. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview atau wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama penelitian berlangsung, peneliti melihat bahwa perlu peran penting guru dan lingkungan sekolah untuk memberikan pemahaman relasi gender kepada peserta didik sehingga pemahaman relasi gender dapat terealisasikan agar tidak adanya deskriminasi terhadap salah satu gender maka perlu untuk pengadaan sosialisasi yang lebih terhadap pemahaman relasi gender agar terjalin hubungan yang harmonis antara peserta didik laki-laki dan perempuan serta mengetahui hak dan kewajiaban. Sebagaimana laki-laki dan perempuan adalah mitra yang berjalan beriringan dan tidak ada batasan menuntut ilmu baik itu laki-laki dan perempuan serta tidak melupakan kodratnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Relasi Gender, Peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 01:07 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 01:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5390 |
Actions (login required)
View Item |