Ekawati, Ekawati (2022) OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 983 PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 15.1100.033.pdf] Text
15.1100.033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Betapa pentingnya peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Upaya lembaga pendidikan mengharapkan keterlibatan seluruh pihak yang terorganisir satu sama lain. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis pengelolaan data diambil ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian yaitu Guru sebagai pendidik yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri, dan disiplin. Guru sebagai pengajar dipengaruhui beberapa faktor seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman, dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Guru sebagai pembimbing harus merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu perjalanan, dan menetapkan jalan yang harus ditempuh. Guru sebagai pengarah harus mampu mampu mengarahkan siswa mengembangkan potensi dirinya, sehingga dapat mengembangkan karakter yang baik bagi dirinya dalam menghadapi kegiatan nyata dalam lingkungan masyarakat. Guru sebagai penilai harus mampu memahami teknik evaluasi baik tes maupun non tes. Guru sebagai pelatih memperoleh keterampilan dan melatihkan sesuatu secara berulang-ulang sehingga terjadi mekanisasi atau pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Mutu Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:10
Last Modified: 27 Oct 2023 01:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item