Masita, Masita (2019) Penerapan Media Power Point pada Materi Sejarah Nabi Muhammad saw dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene Kabupaten Sidrap. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 15.0211.049.pdf] Text
15.0211.049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penerapan media power point pada materi sejarah nabi Muhammad saw dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene Kabupaten Sidrap. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene melalui penggunaan media power point dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pangkajene. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah test yang didukung oleh instrumen format dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 31 orang. Sedangkan sampel berjumlah 16 orang sebagai kelompok eksperimen dan 15 orang lagi sebagai kelompok kontrol. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media power point efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene. hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa t tabel lebih kecil dengan t hitung, maka Ha diterima yaitu (0,740 > 0,05). Dengan demikian hipotersis yang telah diajukan terbukti, yaitu penerapan media power point pada materi sejarah nabi Muhammad saw dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene Kabupaten Sidrap. Implikasi dari penelitian ini adalah media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena itu disarankan kepada para pendidik untuk dapat memilih media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. dan pendidik diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran interaktif power point dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada pada materi sejarah nabi Muhammad saw. Karena media pembelajaran interaktif power point dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan mampu memancing kembali ingatan peserta didik saat tes akhir berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, power point, pendekatan saintifik, Sejarah Nabi Muhammad saw, dan hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:13
Last Modified: 26 Oct 2023 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item