Malik, Andi Ikbal (2018) Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Maktabah Syâmilah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kitab Turats Peserta Didik Kelas XII IPA-2 di SMA Rahmatul Asri Enrekang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
15.0211.003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik kelas XII IPA-2 SMA Rahmatul Asri Enrekanguntuk mempelajari kitab turats. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran digital maktabah syâmilah di SMA Rahmatul Asri Enrekang. 2) Mengetahui penggunaan media pembelajaran digital maktabah syâmilah yang dapat meningkatkan motivasi belajar kitab turatspeserta didik kelas XII IPA-2di SMA Rahmatul Asri Enrekang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA-2 SMA Rahmatul Asri Enrekang yang berjumlah 24peserta didik. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kitab turats. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan lembar pengamatan motivasi belajar kitab turats. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran digital maktabah syâmilahdi SMA Rahmatul Asri Enrekang pelaksanaannya belum maksimal, baru tahap pengenalan dan hal ini merupakan program sekolah ke depan untuk mengoptimalkan penggunaanya. Adapun pelaksanaannya, yakni pendidik membaca kitab dengan maknanya, peserta didik mendengarkan sambil mengharakati tulisan arab tersebut dan pendidik menunjuk peserta didik untuk membacakan ulang dan menjelaskan maknanya kemudian pendidik memberikan pertanyaan sebagai bahan diskusi, peserta didik diberikan acuan sumber rujukan yang bisa dicari di maktabah syâmilah yang berhubungan dengan materi; (2) Penggunaan media pembelajaran digitalmaktabah syâmilah dapat meningkatkan motivasi belajar kitab turatskelas XII IPA-2 SMA Rahmatul Asri. Peningkatan motivasi belajar kitab turats peserta didik dipengaruhi oleh ketertarikan peserta didik pada penyajian materi dan adanya dorongan dalam menggali informasi yang disajikan serta keterlibatan dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital maktabah syâmilah. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata persentase skor motivasi belajar kitab turatsdari kondisi awal 51% (rendah) pada siklus I menjadi 74% (tinggi) kemudian pada siklus II menjadi 86% (sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran DigitalMaktabah Syâmilah, Motivasi Belajar, Kitab Turats. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:42 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5361 |
Actions (login required)
View Item |