Arief, Muhammad (2022) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 14.0211.018_fix.pdf] Text
14.0211.018_fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Parepare. Fokusnya adalah kepemimpinan kepala madrasah dan profesionalisme guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah. 2) Mendeskripsikan strategi dan hambatan kepala madrasah dalam pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Parepare. 3) Mendeskripsikan model kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, rancangan studi kasus dengan sumber data kepala madrasah dan guru. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis dengan cara, 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah harus mampu melaksanakan tugas sebagai edukator, manajer, administrator, motivator, supervisor, inovator dan leader. 2) Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Parepare adalah Penataran Guru, Kursus Pendidikan, Memperbanyak Membaca, Kunjungan Madrasah, Menambah Jam Pelajaran, Mengorganisasikan Materi, Menyesuaikan Materi dengan Kemampuan Siswa, Peningkatan Pemakaian Metode, Peningkatan Sarana, Membangkitkan Motivasi Belajar dan motivasi Guru, Melatih Kedisiplinan, Pemberian Insentif Tepat Waktu. Hambatan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Parepare, Rendahnya Profesionalisme Guru dan Pendidikan, Kebiasaan Guru Berkinerja Lemah, Salah Persepsi tentang Tunjangan Profesi, Kurangnya Pemahaman IT. 3) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Parepare adalah model demokratis. Implikasi penelitian memperhatikan perlunya pemimpin meperhatikan bawahannya melalui pengembangan profesionalisme guru. Diharapkan setiap pimpinan segera mengevaluasi kembali model kepemimpinannya selama ini, serta selalu berusaha untuk meningkatkan pengembangan profesionalisme guru di madrasah yang dipimpinnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 28 Feb 2024 06:40
Last Modified: 28 Feb 2024 06:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item