Suparman, Suparman (2023) Peranan Guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Aralle. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.1100.092.pdf Download (7MB) |
Abstract
Dalam beraktivitas masyarakat merupakan kebutuhan sosial, latar belakang yang berbeda akan menjadi permasalahan ketika tidak menemukan solusi, dalam beragama masalah intoleransi, keharmonisan dan kerukunan di lingkungan masyarakat merupakan hal yang tidak dapat dihindari, moderasi beragama dinilai mampu menjadi solusi dan salah satu sumber penanaman moderasi beragama dapat ditemui dari lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi moderasi beragama, pola pembinaan moderasi beragama, peranan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Aralle. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pada pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru dan peserta didik. tekhnik analasis data yang di gunakan ialah reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa, implementasi moderasi beragama sudah berjalan baik hanya sebagian kecil peserta didik yang belum maksimal. Pola pembinaan dilakukan dengan beberapa pendekatan berupa jenis, strategi, metode yang diterapkan. Kemudian peranan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama antara lain pengajar, pembimbing dan administrator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Pembinaan, Moderasi Beragama, Peserta Didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 00:59 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:27 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5325 |
Actions (login required)
View Item |