Hariyanto, Widya (2019) Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 SIDRAP. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
14.1100.056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Keaktifan mengikuti kegiatan Rohis merupakan sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik tentang pemahaman ilmu-ilmu Agama Islam guna tercapainya tujuan pendidikan, meningkatkan mutu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, memperluas cara berfikir peserta didik, yang kesemuanya itu dapat berpengaruh pada prestasi belajarnya. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang menetap sehingga mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar, sehingga dapat dipakai sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang diajarkan dan dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA negeri 1 SIDRAP. Jenis penelitian ini adalah field research dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan mengikuti kegiatan Rohis termasuk kategori baik dengan angka persentasi yaitu 8,10 %.(2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam termasuk kategori baik dengan angka persentasi yaitu 79,9 %. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan Rohis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 SIDRAP. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung=2.249> ttabel = 2.005 dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.087. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan Rohis (X) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) sebesar 8,7%, sedangkan 91,3 % prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 SIDRAP dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 22:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 22:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/528 |
Actions (login required)
View Item |