Salsabila, Annisa Nabila (2023) Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas X MAN 1 Plus Keteramplan Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
18.84206.009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi suatu keberhasilan belajar disekolah salah yaitu motivasi belajar. Apabila motivasi belajar yang terdapat berkategori rendah, maka hal tersebut menjadi masalah bagi guru. karena sebagai pendidik, guru diharapkan untuk dapat menciptakan inovasi yang baru sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar terutama pada materi pembelajaran fisika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian adalah mengetahui motivasi belajar Siswa kelas X IPA dalam bidang Fisika. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta Desain penelitian True Eksperimental ini dibentuk menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang nantinya akan diperlakukan dengan cara yang berbeda. Pengujian dilaksanakan dengan menggunakan uji dua sisi dengan tingkat signifikan 5% atau 0,05 yang merupakan nilai stadar yang biasa digunakan dalam penelitian. Pada hasil penelitian menunjukkan kelas kontrol memiliki tingkat motivasi belajar yaitu pada kelas kontrol dari 17 siswa 76,5% siswa berkategori motivasi belajar yang tinggi dan 23,5% siswa berkategori motivasi belajar sedang. Sedangkan hasil pada kelas ekperimen yaitu dari 16 siswa 100% siswa berkategori motivasi belajar yang tinggi. Hasil person correlation 0,831 (r = 0,831) yang berarti pendekatan saintifik memiliki hubungan yang positif terhadap motivasi belajar dan nilai r adalah 0,000, maka pendekatan saintifik memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar, karena nilai Sig- (2-tailed) < 0,05 atau 0,000< 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Fisika, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:53 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:53 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5155 |
Actions (login required)
View Item |