Rahma, Sitti (2022) Implementasi Video Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Barru. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1600.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru sebelum dan sesudah implementasi video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru. Pengumpulan data mengggunakan pre-test dan post-test. Adapun teknik analisi data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistik inferensial terdiri dari pengujian persyaratan analisis data (uji normalitas, dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif pada hasil pre-test yaitu sebelum implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 40,05 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori kurang yang bernilai sebesar 45%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik sebelum diberikan treatment masih dalam klasifikasi berkategori kurang. (2) Berdasarkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif pada hasil post-test yaitu sesudah implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 66,64 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori baik yang bernilai sebesar 41%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan treatment mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 8,575 > 2,079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Penalaran Matematis, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:36
Last Modified: 16 Oct 2023 02:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item View Item