Syaharuddin, Syaharuddin (2022) Peningkatan Kemandirian dan Minat Belajar Matemetika Melalui Strategi Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII UPT SMPN 1 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1600.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemandirian dan minat siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi PBL siswa kelas VII.5 10 dengan mengacu pada meningkatkan kemandirian dan minat belajar siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang melewati 2 siklus yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII UPT SMPN 1 Patampanua pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif menggunakan presentase. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) kemandirian belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64% siklus II sebesar 78%, (2) minat belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 78,48 dan dari 25 siswa 22 siswa cukup berminat ke atas dengan jumlah presentasi jumlah siswa yang cukup berminat ke atas 88% pada siklus 1, pada siklus 2 hasil nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 81,92 dengan persentase jumlah siswa yang minimal cukup berminat ke atas 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi PBL) dapat meningkatkan kemandirian dan minat belajar matematika siswa kelas VII UPT SMPN 1 Patampanua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemandirian, Minat, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010599 Mathematical Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:56
Last Modified: 16 Oct 2023 01:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item