Nuris, Masdiyah (2018) Penggunaan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi pada SMP Negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare). Masters thesis, STAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
15.0211.030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Tesis ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis TIK, dan menganalisis kualitasis pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Parepare, SMP Negeri 2 Parepare, dan SMP Negeri 12 Kecamatan Soreang Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Usaha yang dilakukan oleh guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran TIK yaitu pertama; melakukan persiapan awal sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, kedua; melakukan langkah-langkah dalam mempersiapkan media pembelajaran berbasis TIK, ketiga; langkah-langkah dalam menggunakan media berbasis TIK, ketiga; pembelajaran dengan menggunakan media berbasis TIK, dan keempat; hasil usaha yang dilakukan dalam menggunakan media pembelajaran TIK. (2) Proses penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran PAI, yang dilakukan oleh guru PAI yakni: melakukan persiapan awal dengan menyiapkan RPP, menyiapkan media pembelajaran berbasis TIK, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. (3) Kualitas Pembelajaran PAI dengan diterapkannya media pembelajaran berbasis TIK sebagai alat bantu memudahkan guru dalam menyampaikan pesan dan maksud dari materi yang diajarkan secara efektif dan efisien, peserta didik memahami pelajaran, membuka wawasan keilmuan, serta memberikan peluang peserta didik untuk belajar lebih lama di luar sekolah, sehingga diharapkan prestasi belajar peserta didik menjadi lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 05 Feb 2019 19:12 |
Last Modified: | 05 Feb 2019 19:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
View Item |