Ismail, Ismail (2023) Persepsi Pelaku Usaha Kuliner Terhadap Sertifikasi Label Halal di Kota Makassar. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
19.93202.058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kota Makassar sebagai salah satu kota sentra kuliner halal yang terkenal yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik (Nusantara) hingga mancanegara membuat kota Makassar harus menerapkan halal tourism ditunjang dengan berbagai fasilitas berupa sertifikasi label halal sehingga indikator terpenuhinya menjadi sentra kuliner halal tetap ada, terdapat permasalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan dampak yang dihasilkan dari sertifikasi label halal, sehingga dengan ini bagaimana persepsi pelaku usaha kuliner dan berbagai persepsi penerapan sertifikasi label halal yang ada di kota Makassar. Tujuan pada penelitan ini adalah untuk dapat mengatahui seberapa pentingnya implementasi dan dampak-dampak apa yang terasa dari penerapan sertifikasi label halal di berbagai bidang usaha khususnya di dalam industri pariwisata serta untuk mengatahui seberapa pengetahuan pelaku usaha akan sertifikasi halal apakah menjadi suatu kewajiban, kebutuhan ataukah pilihan. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data field reserch. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap hotel dan Rumah makan yang ada di Kota Makassar dengan ketentuan adalah Hotel dan Rumah makan yang memiliki tempat yang tetap dan ramai dikujungi oleh wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegar serta tata letak yang bagus. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kesadaran para pelaku usaha restoran/rumah makan atupun hotel yang menerapakan sistem muslim friendly untuk restaurant dan dapur halal nya menyadari bahwa sebarapa penting nya sertifikasi halal, dimanan hal ini sertifikasi label halal menjadi suatu kebutuhan penunjang usaha dan peningakatan kunjungan wisatawan, serta sebagai bahan promosi suatu usaha. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan manfaat dan dampak positif yang dihasilkan dari sertifikasi label halal ini, diharapka dapat mampu di implementasikan di berbaga lini usaha di kota Makassar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pelaku Usaha, Sertifikasi Label Halal, Wisata Kuliner
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:09
Last Modified: 16 Oct 2023 02:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item