Muhadir, Adnianty (2023) Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1900.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare, (2) peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare, dan (3) faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare. Penelitian ini dilakukan di UPT SMA Negeri 2 Parepare. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan informan (Kepala sekolah, Wakasek Kurikulum. Kepala Tata Usaha, dan Guru), observasi dengan melakukan pengamatan yang dilakukan secara langsung di lingkungan sekolah, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 telah memenuhi dan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dapat dilihat dalam pelaksanaan kurikulum sudah menggunakan kurikulum 2013, sarana dan prasarana sudah mendukung proses pembelajaran, prestasi akademik maupun non akademik banyak berhasil memperoleh kejuaraan, dan setiap tahunnya peserta didik banyak yang lanjut dan lulus ke perguruan tinggi. (2) peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare memiliki program kerja yang sudah berjalan dengan baik. Sebagai manajer,kepala sekolah UPT SMA Negeri 2 Parepare sudah me manage sekolah dan sumber daya yang ada di sekolah dengan baik yang dimulai dengan menyusun rencana, mengarahkan ataupun mengendalikan kegiatan, mengorganisasikan kegiatan, serta melakukan evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan. (3) faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan di UPT SMA Negeri 2 Parepare adalah sarana dan prasarana yang memadai dan menjadi faktor penghambat kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan adalah salah satunya berasal dari peserta didik yang masih datang terlambat dan tidak mematuhi tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 15 Oct 2023 23:50
Last Modified: 15 Oct 2023 23:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item